ekciznarciz

RPP-EKONOMI

Posted on: May 29, 2011

RENCANA PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Sekolah                                               : SMP NEGERI 1 MAJU JAYA

Mata Pelajaran                                    : IPS – EKONOMI

Kelas / Semester                                  : IX / Ganjil

A. Standar Kompetensi                    : Memahami lembaga keuangan dan perdagangan

B. Kompetensi Dasar                        : Mendiskripsikan uang dan lembaga keuangan

C. Alokasi Waktu                              : 8 jam pelajaran ( 4 x 40 menit )

D. Tujuan Pembelajaran      :

Setelah mempelajari materi siswa diharapkan mampu :

1. Mendiskripsikan sejarah terjadinya uang dan pengertian uang

2. Mengidentifikasi syarat suatu benda dapat dijadikan uang

3. Mendiskripsikan fungsi uang

4. Mengidentifikasi jenis jenis uang

5. Mendiskripsikan nilai uang

6. Menjelaskan pengertian Bank

7. Mengidentifikasi azas, prinsip, fungsi dan tujuan pokok bank

8. Mendiskripsikan jenis jenis Bank dan tugas pokok Bank

9. Mengidentifikasi produk produk Bank

10. Mengidentifikasi manfaat lembaga keuangan bukan bank

D. Materi Pembelajaran       :

1. Sejarah Uang Dan Pengertian Uang

Masyarakat yang masih primitive dan sangat sederhana hidupnya dalam memenuhi kebutuhan dengan cara memanfaatkan barang yang ada disekitarnya , hidupnya juga masih berkelompok dan berpindah pindah , tetapi mulai bergeser cara hidupnya ke kegiatan produksi .Semula hanya  berproduksi untuk memenuhi kebutuhannya tetapi kemudian bergeser untuk memenuhi kebutuhan orang lain juga, akhirnya terjadi perdagangan dengan cara tukar menukar atau barter .Seiring dengan perkembangan peradaban manusia , barter atau pertukaran barang semakin sulit , akhirnya manusia mencari jalan atau cara yang mudah , yaitu mulai menggunakan uang barang. Hal ini juga sulit , maka manusia kemudian menetapkan bnda yang dapat digunakan sebagai perantara tukar menukar yaitu logam yang berbentuk emas atau perak.

Perkembangan ekonomo semakin komplek maka di masyarakat lama lama beredar kertas sebagai bukti penyimpanan emas dan perak.Akhirnya beredar uang kertas dan loga yang dikeluarkan oleh Bank Indonsia.

Pengertian uang : Suatu benda yang diterima secara umum oleh masyarakat  untuk mengukur, menukar dan melakukan pembayaran atas pembelian barang dan jasa.

2. Syarat-syarat benda yang dijadikan uang

a. Disukai dan diterima umum

b. Mudah disimpan

c. Mudah di bawa

d. mudah dibagi tanpa mengurangi nilai

      3. Fungsi uang

            a. Fungsi asli

– Uang sebagi alat ukur

– Uang sebagai satuan hitung

b. Fungsi turunan

– Sebagai alat pembayaran

– Sebagai alat menabung

– Sebagai pemindah kekayaan

– Sebagai alat pendorong kegiatan ekonomi

      4. Jenis Jenis Uang

a.  Uang kartal : Uang kertas dan Uang logam

b. Uang giral   :  Cek, Giro , Kartu debit, Kartu kredit

           

      5. Nilai uang

Adalah kemampuan uang untuk dapat ditukar dengan sejumlah barang tertentu.

Nilai uang ada 3 yaitu ; Nilai nominal, Nilai Instinsik dan Nilai Rill

 

6. Pengertian Bank

Adalah badan hukum yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk  simpanan dan menyalurkannya dalam bentuk kredit atau bentuk bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup masyarakat banyak .

7. Azas, Prinsip, Fungsi dan tujuan Perbankan di Indonesia

– Perbankan di Indonesia berasas demokrasi ekonomi dengan menggunakan prinsip ke hati hatian

  • Menurut pasal 3 UU No .7 Tahun 1992

Fungsi Perbankan di Indonesia adalah sebagai penghimpun dan sebagai penyalur dana masyarakat “

  • Menurut pasal 4 UU No7. 1992

Perbankan Indonesia bertujuan menunjang Pembangunan Nasional dalam rangka meningkatkan pemerataan, pertumbuhan ekinomi dan stabilitas ekonomi kearah peningkatan kesejahteraan rakyat banyak “

8. Jenis- jenis Bank : Bank Sentral, Bank Umum dan BPR

9. Pengertian Lembaga Keungan bukan Bank

Adalah semua lembaga / badan yang melakukan  kegiatan dalam rangka keuangan yang secara langsung ataupun tidak langsung menghimpun dana dengan cara mengeluarkan surat surat bahaya kemudian menyalurkan kepada masyarakat terutama untuk membiayai investasi perusahaan – perusahaan

10. Lembaga – lembaga Keuangan Bukan Bank antara lain :

Asuransi , Koperasi Simpan Pinjam , Pegadaian, Yayasan dan Perusahaan sewa guna

 

E. Metode Pengajaran          :

  1. Ceramah bervariasi
  2. Diskusi
  3. Tanya Jawab
  4. Penugasan

F. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran      :

Pertemuan I

Materi              :

–  Sejarah terjadinya uang dan pengertian uang

–  Syarat syarat suatu benda dapat di jadikan uang

–  Fungsi uang .

a. Pendahuluan         :

  1. Apersepsi :

Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan kelas.

Dengan apakah kamu membeli makanan dan minuman di kantin sekolah

  1. Motivasi : dengan mengajukan pertanyaan misal :

– Sebelum ada uang bagaimana manusia memenuhi kebutuhannya

b. Kegiatan Inti.

Guru memandu siswa untuk melaksanakan diskusi

  1. Masing – masing kelompok berdiskusi, guru membimbing dan mengadakan pe-nilaian .
  2. Guru meminta kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompok lain  Menanggapi .

c. Penutup

  1. Membuat kesimpulan bersama-sama dari hasil diskusi.
  2. Memberikan refleksi dengan memberi tanggapan.
  3. Memberikan tugas individu pada siswa untuk mengerjakan latihan soal yang sudah yang disiapkan guru.

Pertemuan II

Materi :

–       Jenis – jenis uang

–       Nilai uang

–       Nilai mata uang asing

a. Pendahuluan

Memeriksa kehadiran siswa dan kebersihan kelas

Motivasi :

Dengan mengajukan pertanyaan misal  :

  • Untuk melakukan pembayaran selain menggunakan uang kertas dengan  uang logam , juga bisa menggunakan apa ?

Apersepsi : Mengenal cek

b. Kegiatan inti

  • Guru memandu siswa untuk melaksanakan diskusi.
  • Masing – masing kelompok berdiskusi, guru membimbing dan mengadakan penilaian
  • Siswa berdiskusi materi : Jenis jenis uang, Nilai uang , Nilai mata uang.
  • Guru meminta kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompok lain  Menanggapi .

c. Penutup

1.Membuat kesimpulan bersama-sama dari hasil diskusi.

2.Memberikan refleksi dengan memberi tanggapan.

3.Memberikan tugas individu pada siswa untuk mengerjakan latihan soal yang sudah yang disiapkan guru.

Pertemuan III

Materi :

–       Pengertian Bank

–       Azas, prinsip, fungsi dan tujuan Bank

–       Jenis Bank

`           a.Pendahuluan

  1. Memeriksa kehadiran siswa dan kebersihan kelas
  2. Motivasi : Apakah kalian sudah pernah pergi ke bank ?
  3. Apersepsi : Siapakah diantara kalian yang pernah menabung di bank

b.Kegiatan inti

  • Guru memandu siswa untuk melaksanakan diskusi mengenai :
    • Pengertian Bank
    • Azas, prinsip, fungsi dan tujuan Bank
    • Jenis Bank
    • Guru meminta kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi dan kelompok lain menanggapi .

c. Penutup

1. Membuat Kesimpulan bersama sama dari hasil diskusi

2. Melakukan tes / pertanyaan yang berhubungan dengan materi diatas

3. Membrikan tugas individu

Pertemuan IV

Materi :

–       Pengertian lembaga keuangan bukan bank

–       Fungsi dan manfaat lembaga keungan bukan bank

–       Contoh lembaga keuangan bukan bank

  1. a.      Pendahuluan
    1. Memeriksa kehadiran siswa dan kebersihan kelas
    2. Motivasi : Apakah kalian sudah pernah pergi ke koperasi sekolah atau koperasi desa.
    3. Apersepsi : Siapakah diantara kalian yang pernah menabung di bank

b. Kegiatan inti

Guru memandu siswa untuk melaksanakan diskusi

    1. – Lembaga keuangan bukan bank
    2. – Jenis dan manfaat bukan bank

Guru meminta kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi dan kelompok lain  Menanggapi

c. Penutup

1. Membuat Kesimpulan bersama sama dari hasil diskusi

2. Melakukan tes / pertanyaan yang berhubungan dengan materi diatas

3. Membrikan tugas individu

G. Sumber Belajar

1. Buku IPS Kelas IX

2. Materi dari Internet

3. Guru IPS

H. Penilaian Hasil Belajar    :

No

Indikator

Penilaian

Instrumen

Teknik

Bentuk Instrumen

1. Mengidentifikasi sejarah terjadinya uang dan pengertian uang Tes Tulis Tes Uraian Jelaskan secara singkat tentang sejarah terjadinya uang
2. Mengidentifikasi syarat syarat suatu benda dapat dijadikan uang Tes Tulis Tes  Uraian Syarat benda dapat di jadikan uang adalah :
3. Mendiskripsikan fungsi uang Tes Tulis Tes Uraian Sebutkan fungsi uang
4. Mengidentifikasi jenis jenis uang. Tes Tulis Tes Uraian Apa perbedaan uang kartal dan uang giral
5. Mendiskripsikan nilai uang. Tes Tulis Tes Uraian Sebutkan nilai uang!
6. Menjelaskan pengertian Bank Tes Tulis Tes Uraian Jelaskan pengertian bank
7. Mendiskripsikan Lembaga keuangan bukan bank Tes Tulis Tes Uraian Apakah Lembaga keuangan bukan Bank

 

1. Pedoman Penilaian

No

Soal

Bobot/ Skor

1.

Jelaskan sejarah terjadinya uang dan pengertian uang

20

2.

Syarat benda dapat di jadikan uang adalah

10

3.

Sebutkan fungsi uang

20

4.

Apa perbedaan uang kartal dan uang giral

10

5.

Sebutkan nilai uang

10

6.

Jelaskan pengertian bank

20

7.

Pengertian Lembaga Keuangan Bukan Bank!

10

JUMLAH

100

 

 

Kunci Jawaban  :

1. Sejarah Uang Dan Pengertian Uang

Masyarakat yang masih primitive dan sangat sederhana hidupnya dalam memenuhi kebutuhan dengan cara memanfaatkan barang yang ada disekitarnya , hidupnya juga masih berkelompok dan berpindah pindah , tetapi mulai bergeser cara hidupnya ke kegiatan produksi .Semula hanya  berproduksi untuk memenuhi kebutuhannya tetapi kemudian bergeser untuk memenuhi kebutuhan orang lain juga, akhirnya terjadi perdagangan dengan cara tukar menukar atau barter .Seiring dengan perkembangan peradaban manusia , barter atau pertukaran barang semakin sulit , akhirnya manusia mencari jalan atau cara yang mudah , yaitu mulai menggunakan uang barang. Hal ini juga sulit , maka manusia kemudian menetapkan bnda yang dapat digunakan sebagai perantara tukar menukar yaitu logam yang berbentuk emas atau perak.

Perkembangan ekonomo semakin komplek maka di masyarakat lama lama beredar kertas sebagai bukti penyimpanan emas dan perak.Akhirnya beredar uang kertas dan loga yang dikeluarkan oleh Bank Indonsia.

2. Syarat-syarat benda yang dijadikan uang

a. Disukai dan diterima umum

b. Mudah disimpan

c. Mudah di bawa

d. mudah dibagi tanpa mengurangi nilai

3. Fungsi uang

            a. Fungsi asli

– Uang sebagi alat ukur

– Uang sebagai satuan hitung

b. Fungsi turunan

– Sebagai alat pembayaran

– Sebagai alat menabung

– Sebagai pemindah kekayaan

– Sebagai alat pendorong kegiatan ekonomi

4. Pengertian Uang kartal dan Uang Giral

  • Uang Kartal yaitu alat pembayaran yang sah yang dikeluarkan dan di edarkan oleh Bank central.
  • Uang giral yaitu pembayaran berupa bilyet giro, cek dan pemindahan telegrafis

5. Nilai uang

Adalah kemampuan uang untuk dapat ditukar dengan sejumlah barang tertentu

Nilai uang ada 3 yaitu ; Nilai nominal, Nilai Instinsik dan Nilai Rill

 

6. Pengertian Bank

Adalah badan hukum yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk  simpanan dan menyalurkannya dalam bentuk kredit atau bentuk bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup masyarakat banyak

7. Pengertian Lembaga Keuangan bukan Bank

Adalah semua lembaga / badan yang melakukan  kegiatan dalam rangka keuangan yang secara langsung ataupun tidak langsung menghimpun dana dengan cara mengeluarkan surat surat bahaya kemudian menyalurkan kepada masyarakat terutama untuk membiayai investasi perusahaan – perusahaan

Jumlah skor 100

Nilai =  

Lembar Penilaian Proses (diskusi)

No

Nama Siswa

Aspek yang dinilai dan rentang nilai

Jumlah Skor

Nilai

1

2

3

4

4

4

4

4

12dst

Aspek diskusi yang dinilai :                                                    Skor Maksimal

1. Keaktifan dalam kelompok                                                  4

2. Keberanian menyampaikan pendapat                                  4

3. Kebenaran dalam menjawab                                                4

4. Menghargai pendapat                                                          4

Sukoharjo, 14 April 2011

Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                                   Guru Mata Pelajaran

IPS-Ekonomi

     Drs. Sutomo                                                                       Ekciz Narciz   .

NIP. 123789456                                                                 NIP. 456123789

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


  • Mr WordPress: Hi, this is a comment.To delete a comment, just log in, and view the posts' comments, there you will have the option to edit or delete them.
%d bloggers like this: